4 Cara Ini Membantumu Menemukan Tema Skripsi

 

4 Cara Ini Membantumu Menemukan Tema Skripsi

 

Skripsi Itu Susah
Skripsi Bikin Horor
Skripsi Susah Dimengerti
Skripsi Kebanyakan Revisi
Skripsi Enggak Penting Dijalani
Itulah opini tentang skripsi dari beberapa mahasiswa yang gue temui lagi makan mie instant di burjo.

Gue pribadi menyimpulkan bahwa skripsi itu penuh tantangan. Dari saat memulai skripsi, kamu udah dihadapkan dengan bagaimana menemukan tema skripsi yang tepat untuk dikerjakan. Bahkan temen-temen gue yang sedang kebingungan menemukan tema skripsi sampai harus dadah-dadah di kamera biar ikutan masuk tv. Lho??
Tema skripsi itu sebenernya ada bertebaran di mana-mana di sekitar kamu sendiri, sayangnya sebagian dari kita itu kurang peka untuk menemukannya. Pantesan banyak yang jomblo, sama skripsi aja enggak peka, apalagi sama kode dari gebetan.

Oke gak nyambung.

Melihat fenomena banyaknya mahasiswa yang kesulitan menemukan tema skripsi, pada pos kali ini gue akan berbagi 4 cara yang membantumu untuk menemukan tema skripsi. Semoga bisa bermanfaat buat kamu yang lagi mulai masuk ke dalam fase skripsi ya.

Mengamati Permasalahan Di Lingkungan



Salah satu penyebab terbesar seorang mahasiswa susah untuk mendapatkan tema skripsi yang akan dikerjakan itu karena belum sepenuhnya paham apa itu skripsi.

Sekilas gue jelasin bahwa skripsi gue yang belum kelar-kelar itu pada dasarnya adalah penelitian untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan menggunakan metode tertentu. Sedangkan permasalahan sendiri itu ada di kehidupan sehari-hari.  So, enggak perlu bertapa 7 hari  malam di puncak gunung untuk menemukan tema skripsi
Kalian bisa menemukan tema skripsi itu cukup dengan

Datang ke suatu tempat yang relevan dengan kuliah kalian
Diam dan amati apa yang terjadi di sana
Renungkan
…….
Lalu ketidur *disiram air*

Rutin Membaca Laporan Penelitian



Iya gue tahu bawah kalian alergi dengan laporan penelitian karena bisa bikin ngantuk, bibir pecah-pecah, meriang, dan panas dalam. Tapi demi skripsi kalian harus mau memerangi itu semua.

 
Gue mengamati banyak mahasiswa yang ogah-ogahan untuk membaca laporan penelitian saat memulai skripsi. Mereka beranggapan membaca laporan penelitian itu seperti begadang yang tiada artinya. Tapi tahukah kamu bahwa kebiasaan membaca laporan penelitian akan membuat kamu terbiasa dengan berbagai pengetahuan dan imajinasi yang terkait dengan penelitian. Dan pada suatu titik kalian pasti akan mendapatkan jawaban “Kenapa enggak ngambil tema skripsi ini aja”.

 
Sebenernya ada satu trik yang paling gampang untuk mendapatkan tema skripsi dari cara ini, coba kalian baca bagian saran penelitian karena di sana banyak memberikan saran pengembangan penelitian selanjutnya yang relevan untuk dicoba.

 

Ikut Proyek Dosen



Ini favoritnya mahasiswa tingkat akhir.
Ikut proyek dosen itu enggak hanya bisa menemukan tema skripsi dengan lebih mudah, tapi juga metode yang digunakan udah jelas, ada kesempatan lebih untuk berkonsultasi dengan dosen, dan dapat anggaran untuk penelitian. Selain itu mahasiswa yang skripsi dengan ikut proyek penelitian umumnya lebih cepat selesai karena ada timeline yang jelas. Tapi bisa bikin hubungan kalian dengan gebetan makin gak jelas #Uhukk

Dosen “Jadi gimana Dek, ada yang belum jelas dengan proyek ini?”

Edi “Hubungan saya dengan gebetan belum jelas Pak

Dosen -___-

Melanjutkan Hasil Kerja Lapangan



Kamu pernah latihan kerja, baik itu kerja lapangan atau kerja praktek atau bahkan magang?
Kalau kamu pernah latihan kerja di suatu perusahaan, maka itu bisa jadi kesempatan untuk menemukan tema skripsi.

Dari hasil pengamatanmu selama bekerja dan laporan latihan kerja bisa kamu analisis apa saja permasalahan penting yang harus diselesaikan oleh perusahaan. Lalu coba dikonsultasikan dengan dosen di kampus. Ini enggak hanya bisa jadi tema skripsi, tapi juga masukan yang bermanfaat untuk tempat kamu latihan kerja. Sekali mendayung, 2 – 3 pulau terlampaui

Untuk yang lagi bingung tema skripsi gue berpesan agar kalian berusaha lebih peka, karena

Menemukan tema skripsi itu kayak cari jodoh, udah muter-muter ke sana kemari ternyata hanya di dekatmu sendiri

About kampusholic

6 thoughts on “4 Cara Ini Membantumu Menemukan Tema Skripsi

  1. gue baca bukunya alit, di ending bukunya ada quotes.
    hidup ini seperti skripsi, banyak bab yg harus di revisi. tapi semua akan berakhir indah, bagi mereka yg pantang menyerah.
    semangat! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *