5 Langkah Nyata Agar Kamu Produktif Di Tahun 2017

catatan-kampus-holic-5-langkah-nyata-agar-kamu-produktif-di-tahun-2017

diko-dan-fredo-resolusi-2017

Jujur gue males bikin resolusi. Kenapa?

Karena bikin resolusi itu ibarat lo berangkat bimbingan skripsi di musim liburan semester saat para dosen diam – diam juga ikut liburan. Lebih banyak gak terlaksananya.

Enggak bikin resolusi, bukan berarti hidup gue bakal tidur – tiduran aja. Gue tipe orang yang visioner. Gue tetep bikin target jangka panjang dan jangka pendek pakai jangka sorong.

Bahkan udah ada target di 2017 yang udah tercapai di 2016. Apa itu?

Main PES 2017. Iya gue memang hebat.

Prinsip gue, lebih baik gue ambil langkah nyata tapi berprogres daripada gue bikin banyak resolusi tapi ujung – ujungnya cuma males – malesan.

Sama kayak cinta gue, mending temenan aja tapi 2 taun lagi kita jadi teman hidup bersama..Aseekk

 

Punya Target Dalam Kuliah

Sekeren apapun kamu di luar kampus, sebagai mahasiswa, kamu tetep punya tanggung jawab dengan kuliah.

Memang enggak ada jaminan IPK dan masa studi bakal mempengaruhi kesuksesanmu kelak di masa depan.

Tapi, punya IPK rata – rata dan masa studi normal itu, menunjukkan bahwa kamu orang yang bertanggung jawab.

Kamu gak perlu target yang muluk – muluk, contohnya

Dapat nilai kuliah minimal B, kamu jadi gak perlu ngulang kuliah sampai semester 12.

Lulus skripsi satu semester, kamu jadi gak perlu horor bakal ditanyain kapan lulus.

Fredo “Perasaan lo sering banget makan wortel?”

Diko “Yoi Sob, biar gue dapet banyak nilai A”

Fredo “Vitamin A, bukan nilai A  -__- “

Belajar Bahasa Asing

Perkembangan teknologi dan informasi telah mempersempit batasan ruang dan waktu.

Tiap orang bisa berinteraksi dengan siapan pun di berbagai belahan dunia. Dan tiap orang punya kesempatan yang sama untuk berkarir di berbagai penjuru dunia.

Oleh karena itu kemampuan bahasa asing sangat diperlukan dalam era kekinian.

Kita terlalu kesulitan untuk berkomunikasi dengan berbagai bangsa menggunakan bahasa isyarat apalagi pakai kode – kode dari cewek. Atau kamu terlalu bermimpi ada orang yang jual jelly penerjemah milik doraemon.

So, buat yang ingin terus berkembang, kita tidak bisa mengelak untuk belajar bahasa asing sebagai sarana utama dalam berkomunikasi.

Jika kamu rajin, bisa belajar dari berbagai tutorial di yutub. Tapi jika kamu orangnya terlalu random, lebih baik ikutan kursus biar ada yang memaksa kamu untuk belajar.

Diko “Lo mau ke mana”

Edi “Kursus bahasa asing”

Diko “Tumben, bahasa apa?”

Edi “Bahasa planet namex. Tahun depan gue mau ekspansi jualan kripik jangkrik di sana”

Mulai Berkarya

Hari ini gak ada yang sia – sia dengan sosial media.

Bahkan bikin kata – kata galaupun bisa punya banyak followers dan banyak yang bayar ngendors.

So, mulailah berkarya di tahun 2017 ini.

Berkarya itu tidak sia – sia. Kamu jadi punya portofolio dan pengalaman.

Bahkan bisa jadi karir jika kamu tekuni dengan serius.

Pertanyaannya, gue harus gimana kalau gue sendiri gak punya skill khusus?

Kamu punya gadget kan?

Apa yang paling kamu seneng lakuin dengan gadget kamu itu?

Kalau kamu jago namatin game, rekam permainanmu beserta trik – triknya dan upload di yutub.

Kalau kamu jago ngebanyol di grup chatting, tulis banyolan – banyolan kamu dan upload di instagram atau twitter.

Kalau kamu seneng nonton film, bikin review – review tentang film.

Diko “Bikin apaan Sob?”

Fredo “Gue mau bikin vlog, 99 Cara Sukses Stalking Ala Sherlock Holmes”

 

Cari Pengalaman

Teori membuatmu jadi tahu.

Dan pengalaman membuatmu jadi bisa.

Kebanyakan mahasiswa terlalu fokus sama nilai dan lulus cepat.

Sampai mereka mengidap STMJ akut, Sarjana Tapi Masih Jomblo.

Oke, balik ke fokus

Setelah lulus kuliah, maka kamu akan hidup dalam masyarakat. Baik sebagai professional atau pun wirausaha.

Hanya sepersekian teori dan kemampuan analisa mu yang bakal dipakai, tapi selebihnya adalah pengalaman.

Pengalaman memberimu kemampuan berkomunikasi yang baik dengan berbagai komunitas, kemampuan bekerja secara nyata, dan kreativitas dalam berbagai kondisi.

So jangan segan – segan untuk ambil bagian buat jadi panitia event, magang di berbagai perusahaan, atau ikut berbagai event yang mengasah skill dan bakatmu.

Apapun impianmu kelak, baik jadi professional atau pun wirausaha, percayalah bahwa pengalaman akan sangat membantumu dalam kehidupan sehari – hari di masa depan.

Ibarat orang jatuh cinta, teori itu kamu bilang I Love You dan pengalaman itu kamu datang bawain seikat bunga.

 

Piknik

Produktif itu enggak cuma tentang  target – target prestasi. Tapi juga tentang menikmati hidupmu. Bagaimana kamu menggunakan beberapa waktu luangmu untuk berpetualang.

Warnai masa mudamu dengan menjelajahi berbagai tempat – tempat baru. Apalagi nenek moyangmu seorang pelaut yang gemar mengarungi luas samudera.

Masak kamu cuma tenggelam di hati gebetan yang sikapnya sama kamu aja masih jauh lebih dingin dari antartika.

Piknik enggak sekedar buang – buang duit atau sejenak melepaskan diri dari jenuhnya rutinitas.

Piknik bisa memberimu berbagai pengalaman dan ide – ide baru.

Atau seminimalnya, piknik bisa bikin kamu punya foto baru buat diupload di instagram.

So, kalau kamu merasa hidupmu enggak asik itu tandanya kamu kurang piknik.

Ngomong – ngomong tahun baru, gue ucapkan selamat tahun baru buat seluruh Sobat Holic. Semoga di tahun baru ini impian – impian kalian bisa tercapai dan jangan lupa bersyukur atas pencapaian yang telah kalian peroleh.

Dan tahun baru ini jadi ulang tahun ke – 4 buat Kampus Holic.

4th-anniversary-kampusholic

Terima kasih Tuhan YME atas berkatMu kepada kami.

Terima kasih kepada orang tua dan keluarga kami yang setia akan supportnya.

Terima kasih kepada seluruh Sobat Holic yang setia membaca komik dan berbagai konten Kampus Holic.

Terima kasih kepada Penerbit Puspa Swara (Yang belum beli

Komik Kampus Holic, silakan diborong).

Terima kasih kepada DomaiNesia  atas support website Kampus Holic.

Terima kasih kepada @Dagelan dan @Komikin_Ajah yang sangat membantu kami di Instagram.

Terima kasih kepada rekan – rekan, sahabat, dan semua pihak yang telah membantu dan memberi inspirasi untuk Kampus Holic hingga masih bisa eksis sampai saat ini.

Kampus Holic tidak punya banyak resolusi untuk 2017 tapi kami sudah memiliki planning untuk dilaksanakan di tahun ini.

Semoga Kampus Holic tetap bisa menghibur kalian sambil sejenak melupakan penatnya kehidupan mahasiswa.

 

About kampusholic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *